Profil

Dinas Komunikasi Infromatika Sandi dan Statistik

 

 

 

PROFIL ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

 

Nama OPD           :   Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi dan Statistik

Alamat                 :   Jl. KH. Tb. Asnawi No. 1 Pandeglang

Nama pimpinan   :   Ir. girgijantoro

Nomor Telp./Fax  :   –

E-mail                   : diskomsantik@pandeglangkab.go.id

 

  1. GAMBARAN SINGKAT TENTANG ORGANISASI

Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi dan Statistik Kabupaten

Pandeglang atau biasa disebut Diskomsantik adalah salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) milik Pemerintah Kabupaten Pandeglang yang bertempat di Jl. KH. Tb. Asnawi No. 1 Pandeglang.

Diskomsantik Kabupaten Pandeglang merupakan pemisahan dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pandeglang. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten pandeglang dan Peraturan Bupati Pandeglang Nomor 53 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan, Rincian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi dan Statistik.

JumlahPegawai         : – Eselon II                       :  1 Orang

: – Eselon III                      :  4 Orang

: – Eselon IV                      : 1 Orang

: – Jabatan Fungsional      :  8 Orang

: – Pelaksana PNS            :  8 Orang

: – Pelaksana PNS            :  16 Orang

: – Pelaksana Non PNS     :  8 Orang

 

  1. TUGAS DAN FUNGSI
  2. Tugas

Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi dan Statistik Kabupaten Pandeglang mempunyai tugas melaksanakan tugas pokok Penyelenggarakan, Mengkoordinasikan dan mengendalikan  kebijakan dan kegiatan urusan pemerintahan daerah di bidang Komunikasi, Informatika, Sandi dan Statistik berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan

  1. Fungsi

Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi dan Statistik Kabupaten Pandeglang mempunyai fungsi :

  1. penyusunan perencanaan bidang Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik;
  2. perumusan kebijakan teknis bidang Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik;
  3. pelaksanaan urusan pemerintahan dan pelayanan umum bidang Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik;
  4. pembinaan, koordinasi, pengendalian dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan Bidang Telekomunikasi dan Informatika, Informasi Publik dan Persandian;
  5. pelaksanaan kegiatan penatausahaan Dinas;
  6. Pembinaan terhadap Unit Pelaksana TeknisDinas; dan
  7. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

  1. VISI DAN MISI DISKOMSANTIK KABUPATEN PANDEGLANG
    1. Visi

Dalam rangka mendukung pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten pandeglang dan sesuai tugas pokok dan fungsi serta masukan-masukan dari stakehorder, maka Disnomsatik Kabupaten Pandeglang menetapkan Visi “Kabupaten Pandeglang Menuju Smart City Tahun 2021”.

Pejabaran visi tersebut adalah memperluas dan meningkatkan layanan informasi baik ke seluruh wilayah Kabupaten Pandeglang dengan cepat, efektif, efisien dan transparan serta akuntabilitas secara merata dan mewujudkan e-goverment yang baik dengan didukung teknologi dan informatika yang handal, bertahap dan berkelanjutan serta terpusat.

  1. Misi

Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh instansi pemerintah sebagai pejabaran visi yang telah ditetapkan. Terwujudnya visi yang dikemukan pada bagian sebelumnya merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh segenap personil di lingkungan Diskomsantik Kabupaten Pandeglang sebagai bentuk nyata dari visi tersebut, ditetapkanlah misi Diskomsantik Kabupaten pandeglang yang menggambarkan hal yang seharusnya terlaksana sehingga hal yang masih bersifat abstrak terlihat pada visi akan lebih nyata pada misi tersebut. Lebih jauh pernyataan pada misi Diskomsantik Kabupaten Pandeglang akan memperlihatkan kebutuhan apa yang akan dipenuhi organisasi, siapa yang mempunyai kebutuhan tersebut dan bagaimana organisasi memenuhi kebutuhan tersebut.

Misi Diskomsantik Kabupaten Pandeglang tidak terlepas dari misi yang diembang Pemerintah Kabupaten pandeglang, dengan demikian misi dinas akan bertolak belakang dengan misi Pemerintah Daerah akan tetapi justru memperkuat.

Terdapat 2 (dua) misi yang diembang Pemerintah Daerah yang dapat didukung dan sejalan dengan tugas pokok dan fungsi Diskomsantik Kabupaten Pandeglang sebagai berikut :

Misi ke-2    :   Membangun konektivias wilayah

Misi ke-6    :   Meningkatkan Tata Kelola pemerintahajan dan memperkuat sistem inovasi daerah

 

Adapun Misi Diskomsantik Kabupaten Pandeglang adalah :

  1. Meningkatkan sumber daya manusia yang handal dan profesional;
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana komunikasi, informatika, sandi dan statistik;
  3. Meningkatkan sistem informasi pelayanan jasa komunikasi, informatika, sandi dan statistik