Bidang Sekretariat

(1) Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada di bawah
dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

(2) Sekretaris mempunyai tugas pokok menyelenggarakan penyusunan
perencanaan, pengelolaan keuangan, pengelolaan barang milik daerah
urusan umum dan kepegawaian, dan evaluasi pelaporan.

(3) Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2),
Sekretaris mempunyai fungsi:

a. penyusunan perencanaan, pemantauan, evaluasi, data, pelaporan
program, kegiatan dan anggaran;
b. pengelolaan verifikasi keuangan, pelaksanaan perbendaharaan, serta
urusan akuntansi dan pelaporan keuangan;
c. penyelenggaraan urusan umum dan perlengkapan, keprotokolan dan
hubungan masyarakat;
d. penyelenggaraan ketatalaksanaan, kearsipan dan perpustakaan;
e. pengelolaan kepegawaian dan pembinaan pegawai serta evaluasi
kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN); dan
f. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Rincian tugas Sekretaris adalah sebagai berikut:

a. menyusun rencana operasional di lingkungan sekretariat berdasarkan
program kerja dinas serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman
pelaksanaan tugas;

b. mendistribusikan tugas kepada bawahan di lingkungan sekretariat
sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar
tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien;

c. memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di lingkungan
sekretariat sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar
tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;

d. mengawasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan sekretariat secara
berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk
mencapai target kinerja yang diharapkan;

e. melakukan penyusunan rencana program, kegiatan, dan anggaran,
pemantauan, evaluasi, pengelolaan data, penyusunan laporan kinerja
program pengembangan sumber daya aparatur, pengelolaan dan
penyiapan bahan pelaksanaan verifikasi, penatausahaan,
perbendaharaan, pembukuan keuangan, urusan akuntansi dan
pelaporan keuangan, serta penyiapan bahan tanggapan pemeriksaan.

f. melaksanakan perencanaan, koordinasi, penatausahaan, evaluasi dan
pengendalian kegiatan umum yang meliputi keprotokolan, humas, rapatrapat dinas, dokumentasi, kearsipan, perpustakaan, urusan rumah
tangga, perlengkapan, keamanan, kebersihan, ketertiban, pengelolaan
BMD, sarana prasarana, administrasi perkantoran, tata kelola
kepegawaian, diklat, penilaian kinerja, pembinaan dan kedisiplinan
pegawai;

g. mengoordinasikan kegiatan antar bidang dalam lingkup dinas;

h. melaksanakan koordinasi, membina, mengendalikan, mengevaluasi dan
melaporkan pelaksanaan kegiatan unit kerja dinas;

i. mengarahkan dan mengendalikan pengelolaan tata naskah dinas;

j. menyelenggarakan pembinaan di bidang kepegawaian;

k. mengoordinasikan, memfasilitasi dan mengusulkan pejabat pengelola
pengadaan barang/jasa pemerintah di lingkungan dinas;

l. menilai hasil kerja dan kinerja ASN yang berkedudukan di bawah dan
menjadi tanggung jawab Sekretariat;

m. melaporkan hasil pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
dan

n. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan
tugas dan fungsinya.