Bidang Aptika Lakukan Perekaman, Verifikasi dan Aktivasi TTE Untuk Camat Se-Kabupaten Pandeglang

Bidang Aptika Lakukan Perekaman, Verifikasi dan Aktivasi TTE Untuk Camat Se-Kabupaten Pandeglang

TTE

 

Diskomsantik – Tandatangan Elektronik (TTE) saat ini miliki peran penting dalam sistem administrasi pemerintahan.

Sadar akan hal itu, Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Diskomsantik Pandeglang berupaya menuntaskan berbagai proses agar TTE dapat segera di fungsikan.

Setelah melakukan MoU dengan BSRE selaku pengelola TTE berserfikat, Diskomsantik melakukan perekaman, verifikasi dan aktivasi untuk para pejabat berwenang.

Sebelumnya kegiatan perekaman, verifikasi dan aktivasi telah dilakukan oleh para pejabat Perangkat Daerah.

Berikutnya giliran para camat se-Kabupaten Pandeglang yang menerima aktivitas tersebut.

Harapannya dalam beberapa bulan kedepan semua pejabat berwenang baik di level perangkat daerah Kabupaten dan Kecamatan telah sah dan dapat melakukan tandatangan secara elektronik.

Terbaru beberapa camat telah melakukan perekaman, verifiasi dan aktivasi TTE di Ruang Pintar Pandeglang, Rabu 6 Juli 2022.

TTE menjadi sangat penting dalam sistem administrasi saat ini karena beberapa alasan.

Pertama efisiensi waktu, Biasanya jika dengan tanda tangan basah, penandatanganan dokumen kertas memerlukan pengiriman ke pihak lain memakan waktu berhari-hari.

Dengan adanya TTE tersertifikasi, dalam beberapa menit bahkan tidak sampai sehari, dokumen elektronik dapat segera ditandatangani dan dikirim sekalipun dari jarak jauh seperti antar pulau maupun antar negara.

Kedua hemat biaya, Jika telah memiliki TTE tersertifikasi, tidak perlu lagi memikirkan biaya anggaran berlebih karena yang dibutuhkan hanya koneksi internet dan perangkat keras seperti komputer dan telepon pintar (smartphone).

Ketiga bersahabat dengan alam (eco friendly) Jika dulu perlu berlembar-lembar kertas untuk tanda tangan basah atau sangat tidak ramah lingkungan, kini hanya perlu téken dokumen elektronik melalui gadget sehingga pemakaian kertas berkurang.

Proses TTE sendiri disambut baik semua pihak di Pemerintah Kabupaten Pandeglang, apalagi sistem surat elektronik (SRIKANDI) juga telah mendapat persetujuan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Dengan demikian, diharapkan tidak lama lagi, sistem admnistrasi surat menyurat di Pandeglang, bisa segera dilakukan full sistem.**

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.